Dalam hidup ini manusia selalu dihadapkan pada godaan dan cobaan.
Bahkan godaan dan cobaan itu senantiasa menyelimuti kehidupan setiap
manusia. Godaan dan cobaan dalam lautan kehidupan itu tidak dapat
dihindari dan harus dilalui. Untuk itulah, dalam mengarungi kehidupan
ini, manusia memerlukan satu patokan sehingga tidak mudah
terombang-ambil gelombang kehidupan yang kadang kecil dan kadang besar.
Apa
patokan dalam hidup ini sehingga kita tidak dengan mudah
terombang-ambing dalam gelombang kehidupan? Patokannya adalah carilah
ketentraman.
Di era modern seperti saat ini, kita dituntut untuk
berkompetisi. Hidup di dunia ini pasti ada 2 hal yang bertentangan. Ada
siang, ada malam. Ada baik, ada buruk. Ada berhasil, ada gagal. Semua
itu merupakan bumbu-bumbu kehidupan. Pahit rasanya kalau lagi mengalami
kegagalan. Manis rasanya kalau mengalami keberhasilan. Semua itu bisa
saja dirasakan manusia.
Tetapi tidak banyak orang yang mencari
ketentraman. Manusia lebih banyak memburu hanya sebatas kebahagiaan.
Salah seorang teman bertanya. Kok bisa begitu?
Contohnya, manusia bekerja itu hakekatnya untuk apa? Dia menjawab,"mencari uang". Kalau uang sudah didapat terus untuk apa? Dia menjawab: "Untuk memenuhi kebutuhan", Kalau kebutuhan hidupmu, istri dan anak-anakmu terpenuhi, apa yang kamu rasakan?Dia menjawab: "Saya merasa puas dan senang".Nah, di dalam rasa puas dan senang yang kamu rasakan itu, ujung-ujungnya apakah kamu merasakan ketentraman hidup?""Ya
jelas, saya bisa berkumpul dengan anak dan istri, bisa bersendau gurau,
semua kebutuhan tercukupi, rasa tenteram pasti ada di hati kita
sekeluarga."Pertanyaan selanjutnya, ketika kamu sudah merasa tenteram. Apakah kamu menginginkan punya orang lain jadi milikmu?Ia menjawab: "Jelas tidak, karena saya tenteram, maka saya sudah merasa cukup".
Dari
contoh pembicaraan di atas, kiranya kita bisa mengambil kesimpulan,
bahwa ternyata hakekat kita hidup ini adalah mencari ketentraman. Kita
makan agar kita merasa tenteram. Kita tidur, agar merasa tenteram. Semua
yang kita lakukan intinya adalah agar kita merasa tenteram. Oleh karena
itu, bagi masyarakat Jawa yang berpaham Kejawen, katentreman itu
merupakan piwulang kautaman.
Piwulang Kautaman
Iyo iku pituduh saka para leluhur
supaya Wong Jowo tansah marsudi kautamaning budi
pinuju ing katentremaning urip
bebrayan bebarengan titah GUSTI sing liya-liyane.
(Ajaran Keutamaan)Iya itu petunjuk dari para leluhur
supaya orang Jawa senantiasa mengusahakan keutamaan budi
menuju ketentraman hidup
Hidup bersama manusia lainnnya yang diciptakan GUSTI ALLAH.
Dalam
Agama Islam, manusia juga diajarkan untuk mencari ketenteraman.
Bagaimana caranya? Caranya dengan sering mengingat GUSTI ALLAH.
“....[yaitu]
Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan
mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan dzikir hati menjadi tentram.” [Ar-Ra’d:28]
rahasia hidup
Diposting oleh Unknown di 04.14 0 komentar
stk ngadirojo sh winongo
Semula namanya bukan Setia Hati akan tetapi ‘Sedulur Tunggal Kecer’ dengan permainan pencaknya dinamakan ‘Joyo Gendilo Cipto Mulyo’. Tentang riwayat lengkap pendiri telah kami ceriterakan pada buku peringatan yang lain.
a. Pada Th.1914 beliau mendapat surat dari saudara ‘Tunggal Kecer’ di Surabaya untuk dicarikan kerja pada Jawatan Kereta Api di Kalimas ( Mulai th.1912 beliau berada di Tegal ). Kerja setahun di Kalimas Surabaya, beliau dipindahkan kerja di Madiun yaitu di Bengkel Kereta Api Madiun.
Dikota Madiun ini Ki Ngabehi Soerodiwiryo tidak tinggal diam, beliau mengajar pencak silat dengan nama sama ‘sedulur tunggal kecer’.
b. Pada Th.1917 Saudara saudara pegawai KA dari bengkel KA dan pegawai Topografi Madiun juga minta pelajaran ‘pencak silat’ dan atas kesepakatan bersama seluruh kadang STK beliau mengganti nama persaudaraan menjadi Persaudaraan Setia Hati.
Setelah perubahan nama ini Persaudaan dikenal dengan nama SH Winongo disebabkan Ki Ngabehi Soerodiwirjo bertempat tinggal didesa Winongo Madiun.
Persaudaraan Setia Hati ( SH Winongo ) memang mendapatkan hati di masyarakat waktu itu, namun kurang dapat berkembang.
Ini semua disebabkan karena persaudaraan bersifat ‘paguyuban’ yang terlihat di SH Winongo, jadi bukan merupakan ‘organisasi persaudaraan’. Juga didalam Persaudaraan SH Winongo dikehendaki ‘Sang Juru Kecer Tunggal’ yang melaksanakan tugas pengeceran para warga baru.
Ki Ngabehi Soerodiwiryo merupakan ‘Central Figur’ dari SH Winongo, sedangkan pada saat itu telah ada beberapa siswa tertua yang telah menerima ‘Ilmu Setia Hati’ sampai dengan tataran 3e trap (tingkat-3).
Dan yang terutama lagi didalam kenyataan para saudara yang berlatih di SH Winongo waktu itu hanya terdiri dari para bangsawan dan para Pangreh Projo (pegawai pemerintah pada jamannya), sehingga rakyat jelata yang kurang mampu sukar dapat menjadi warga dari SH Winongo.
Beberapa saudara tertua dari SH Winongo yang sudah menamatkan pelajarannya dari Ki Ngabehi Soerodiwirjo, antara lain Bapak Moenandar Hardjowijoto dari Ngrambe Ngawi dan Bapak Hardjo Oetomo dari desa Pilangbango Madiun.
Beliau-beliau tersebut mempunyai pandangan yang lain tentang arti persaudaraan didalam masyarakat, dimana beliau beliau tersebut mempunyai ‘jiwa kebangsaan’ dan rasa patriotisme yang tinggi terhadap penderitaan rakyat ditengah tengah penindasan dan kesewenang wenangan penjajah Belanda saat itu.
Jiwa Patriotisme yang tinggi ini ditunjukkan Bpk.Hardjo Oetomo dengan bantuan teman temannya dari desa Pilangbango Madiun, dengan penuh rasa keberanian menghadang rangkaian kereta api yang lewat membawa tentara Belanda ataupun mengangkut perbekalan militer Belanda dari satu kota kekota lain.
Rangkaian Kereta Api itu dilempari dengan batu batu besar yang mengakibatkan kerusakan dan kepanikan dari pihak penjajah Belanda waktu itu. Kejadian tersebut berulang ulang terjadi sampai akhirnya Bapak Hardjo Oetomo tertangkap PID Belanda dan mendapatkan vonis hukuman kurungan di penjara Cipinang Jakarta selama 8 tahun.
Jiwa Patriotis yang lain juga ditunjukkan Bapak Moenandar Hardjowiyoto dari desa Ngrambe yang mana beliau merasa tidak puas terhadap cara Ki Ngabehi Soerodiwirjo menegakkan aturan persaudaraan di kalangan warga SH Winongo, dimana anggota terbanyak yang bisa masuk sebagai warga hanya dari kalangan ningrat dan pegawai pangreh projo saja.
Klimak dari rasa ketidak puasan ini diperlihatkan sewaktu Ki Ngabehi Soerodiwirjo melatih Sinyo Belanda dan sudah sampai jurus ke-20 tingkat-1. Oleh Ki Ngabehi Soerodiwirjo menyuruh Bapak Moenandar untuk menemani ‘sambung persaudaraan’ dan ternyata oleh Bpk Moenandar, Sinyo Belanda itu dihajar sampai pingsan sehingga menimbulkan kemarahan yang amat sangat dari Ki Ngabehi Soerodiwirjo.
c. Tahun 1932 Bapak Moenandar Hardjowijoto beserta beberapa saudara dari SH memohon idzin ( palilah ) dari Ouweheer Ki Ngabehi Soerodiwirjo untuk mendirikan Persaudaraan Setia Hati yang menggunakan Organisasi sebagai sarana mengatur rumah-tangga, yang pada dasarnya Ki Ngabehi Soerodiwirjo nglegani mengijinkan nya , beliau berjanji akan datang pada Pertemuan –1 Saudara Warga Setya Hati ( SH ) tanggal22 Mei 1932 di Semarang.
Beliau tidak dapat datang pada ‘musyawarah’ di Semarang pada waktu itu karena pergi ke Surabaya dan menimbulkan kekecewaan para saudara SH yang datang, akhirnya diputuskan secara aklamasi dalam musyawarah, berdirinya Pengurus Besar Setia Hati Organisasi ( SHO ) dan Bapak Moenandar Hardjowijoto sebagai ‘Ketua’ nya, dengan tidak berminat mengganggu SH Winongo dibawah kepemimpinan Ki Ngabehi Soerodiwirjo, dengan kata lain ‘berpisah tetapi satu tujuan’.
Dan di dalam kenyataannnya Bpk. Moenandar Hardjowijoto memang sudah di- ijinkan dan di restui Ki Ngabehi Soerodiwirjo untuk berdiri sendiri menjadi Juru Kecer dan memisahkan diri dari SH Winongo.
Diposting oleh Unknown di 03.52 0 komentar
contoh PROPOSAL KEGIATAN CLASS MEETING
- A. Latar Belakang
Olahraga merupakan salah satu sarana penting dalam menjaga kesehatan, karena pepatah mengatakan “Akal yang sehat terdapat pada jiwa yang sehat”.Disamping itu, sepak bola dan futsal merupakan olahraga yang mayoritas diminati dan digemari para santri.
Untuk merealisaikan hal tersebut, kami selaku bagian olahraga bermaksud mengadakan sebuah event olahraga antar kelas.
- B. Maksud dan Tujuan
- Mempererat ukhuwah islamiyah antar kelas
- Memotivasi santri dalam hal fastabiqul khairat
- Menyalurkan hobi dan bakat santri
- Salah satu program kerja Bagian Olahraga Putra masa bakti 2012-2013 M
- C. Nama Kegiatan
- D. Peserta Perlombaan
- E. Waktu dan Tempat
hari/tanggal : Minggu s.d Jum’at, 30 Maret-03 Mei 2012 M
waktu : 16.00 s.d Selesai
tempat : Area Excellent Class
- F. Jenis Perlombaan
- Futsal
- Mini Soccer
- G. Susunan Kepanitiaan
Pelindung : Al-Ustadz Drs. KH. Odhy Rosihuddin
Pembimbing : Al-Ustadz Muhammad Nur Arifin, S.Ag
Al-Ustadz Acep Tata Juanda, M.Pd.
Ketua Pelaksana : Darul Faqih Halim
Sekretaris : Rizendi Dwi Pramana
Bendahara : Amrullah Mart Ichi Nugroho
Seksi Kegiatan : Gilang Raka Yanuarida
Muhammad Jumalik
Seksi Peralatan : Dede Rahmat
Iqbal Sudrajat
- H. Anggaran Biaya
- I. Penutup
Ketua Pelaksana
|
|
Sekretaris
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Darul Faqih Halim
|
|
Rizendi Dwi Pramana
|
|
Sekjen ISMI
Azhari Zaki Al Qodri
Mengetahui,
|
|
Direktur Pengasuhan Putra
|
|
Pembimbing
|
|
||
|
|
|
|
|
|
Al-Ustadz Rahmat Sudin, S.Ag.
|
|
Al-Ustadz Acep Tata Juanda, M.Pd.
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran I :
Nama Barang | Jumlah Barang | Harga Satuan | Jumlah | |
Mie | 6 kardus | @ Rp. 30.000 | Rp. 180.000 | |
Sirup | 10 botol | @ Rp. 20.000 | Rp. 200.000 | |
Pilus | 5 pack | @ Rp. 20.000 | Rp. 100.000 | |
Keripik | 5 pack | @ Rp. 10.000 | Rp. 50.000 | |
Chocolatos | 5 pack | @ Rp. 15.000 | Rp. 75.000 | |
Richeese | 4 pack | @ Rp. 15.000 | Rp. 60.000 | |
Teh Kita | 5 kardus | @ Rp. 20.000 | Rp. 100.000 | |
Sampul Coklat | 4 gulung | @ Rp. 1.500 | Rp. 6.000 | |
Bola Sepak | 2 buah | @ Rp.250.000 | Rp.500.000 | |
Bola Futsal | 2 buah | @ Rp.200.000 | Rp.400.000 | |
Jumlah | Rp. 1.571.000 |
Diposting oleh Unknown di 03.56 0 komentar
LIRIK BATU NISAN - CAHAYA BIDADARI
LIRIK BATU NISAN - CAHAYA BIDADARI
Diposting oleh Unknown di 17.54 0 komentar
cara mengeflash hp symbian 6600 dan sejenisnya
dari keadaaan mati tekan * ,angka 3, dan tombol terima
panggilan.. secara bersamaan lalu nyalahkan hp.. tunggu beberapa saat
dengan terus menekan tombol 3 jari tsb..
itu hanya berlaku jika kunci or password tlp masih standar alias 12345
jika sudah berubah disarankan dalam keadaaan nyala
tekan *#7370# lalu ada perintah telp akan direstar pilik ok
masukan password tlp mu kalo standar 12345 biasanya
tips setelah selesai format jangan buru2 memasukan mmc kedalam hp
tunggu dulu 1jam.. setelah 1jam baru masukan mmc kehp
ini mencegah mmc terkunci karna sepengalaman saya mmc pada 6600 terkunci
gara2 diformat hp tanpa melepas mmc.. dan memasukan mmc setelah format
selesai..
Diposting oleh Unknown di 19.06 0 komentar
cara membuat suara knalpot racing menjadi padat
Ini yang membuat produsen knalpot beken gerah. Upaya jalur hukum juga percuma. “Untuk menghukum pemalsu butuh dana besar,” jelas Asep Hendro, juragan knalpot AHRS.
Akibatnya, para pemalsu pesta pora di negara ini. Hukuman antara pencuri ayam dan koruptor miliaran rupiah sama saja. Apalagi cuma pemalsu.
Itu yang membuat merek lokal terkenal seperti AHRS, R9, Ahau, CLD dan Kawahara memproduksi knalpot yang susah ditiru. Seperti Ahau dan lainnya memproduksi knalpot dengan las Auto Line Welding Stand. Menggunakan gas CO. “Perlu Rp 400 juta buat beli alat ini,” jelas Rudi Sukirman alias Ahau. Las yang dihasilkan lebih lebih halus. Karena dipadu dengan sistem robot.
Kawahara beda lagi, selain menggunakan bahan steinless, juga pipa yang dipakai tidak ada di pasaran lokal. Pipa dari Thailand. Itupun harus dibeli dalam jumlah besar. “Minimal satu kali beli Rp 400 juta,” jelas Jessy Liga Siswanto alias Coki, bos Kawahara.
Perut knalpot dicetak dan dikasih tulang
Trik yang dilakukan R9 (Racing Generation) juga beda. Di tipe terbarunya R9 Jerez sudah diembos menggunakan laser. “Kalo mau, tulisan bisa dibikin kecil,” jelas Sjafri Ganie alias Jerry, bos R9.
Untuk investasi alat laser ini lumayan mahal. “Harus merogoh kocek 45.000 dollar US. Atau sekitar 400 juta rupiah,” jelas Jerry yang lagi senang karena tim yang didukung R9 di Asian Road Racing Championship naik podium.
Upaya lain dilakukan R9 di knalpot 2-tak. Perutnya dibikin menggunakan matras atau cetakan. Tak pakai las-lasan. Pengganti lasan pakai ‘tulangan’ agar tetap kuat. Teknik ini termasuk terbaru. Satu cetakan butuh dana Rp 400 juta.
Lainnya semua produsen knalpot membuat silencer tidak bulat. Bisa oval atau kotak. Perlu alat pon atau cetakan mahal juga. Bisa mencapai ratusan juta rupiah.
Bahan Titanium jika terbakar kebiruan(kiri). Hologram lumayan bisa menangkal(kanan).
Menghindari pemalsuan, teknik yang dipakai produsen perlu investasi besar. Seperti yang sedang ramai sekarang yaitu menggunakan bahan titanium. Membeli bahan ini lumayan butuh dana besar. Sekali mendatangkan dari luar negeri butuh dana miliaran. Pemalsu yang kecil-kecil susah mengikuti.
Memang sih, kalau bahan titanium khusus knalpot premium. Namun dari segi keuntungan yang didapat jadi lebih. Misalnya lebih ringan dan cepat melepas panas. Juga bekas pembakaran yang kebiruan enak dilihat.
Trik lain dilakukan Ahau yang produsen knalpot Ahau. Menggunakan teknik hologram. Kalau yang ini memang tidak butuh dana yang gede. Karena hampir semua produk jualan juga banyak yang pakai. Tapi, lumayan bisa mengurangi. (motorplus-online.com)
Diposting oleh Unknown di 17.55 4 komentar
globalisasi
- Internasionalisasi: Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun menjadi semakin tergantung satu sama lain.
- Liberalisasi: Globalisasi juga diartikan dengan semakin diturunkankan batas antar negara, misalnya hambatan tarif ekspor impor, lalu lintas devisa, maupun migrasi.
- Universalisasi: Globalisasi juga digambarkan sebagai semakin tersebarnya hal material maupun imaterial ke seluruh dunia. Pengalaman di satu lokalitas dapat menjadi pengalaman seluruh dunia.
- Westernisasi: Westernisasi adalah salah satu bentuk dari universalisasi dengan semakin menyebarnya pikiran dan budaya dari barat sehingga mengglobal.
- Hubungan transplanetari dan suprateritorialitas: Arti kelima ini berbeda dengan keempat definisi di atas. Pada empat definisi pertama, masing-masing negara masih mempertahankan status ontologinya. Pada pengertian yang kelima, dunia global memiliki status ontologi sendiri, bukan sekadar gabungan negara-negara.
- Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.
- Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).
- Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olah raga internasional). saat ini, kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.
- Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.
- Para globalis percaya bahwa globalisasi adalah sebuah kenyataan yang memiliki konsekuensi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia berjalan. Mereka percaya bahwa negara-negara dan kebudayaan lokal akan hilang diterpa kebudayaan dan ekonomi global yang homogen. meskipun demikian, para globalis tidak memiliki pendapat sama mengenai konsekuensi terhadap proses tersebut.
- Para tradisionalis tidak percaya bahwa globalisasi tengah terjadi. Mereka berpendapat bahwa fenomena ini adalah sebuah mitos semata atau, jika memang ada, terlalu dibesar-besarkan. Mereka merujuk bahwa kapitalisme telah menjadi sebuah fenomena internasional selama ratusan tahun. Apa yang tengah kita alami saat ini hanyalah merupakan tahap lanjutan, atau evolusi, dari produksi dan perdagangan kapital.
- Para transformasionalis berada di antara para globalis dan tradisionalis. Mereka setuju bahwa pengaruh globalisasi telah sangat dilebih-lebihkan oleh para globalis. Namun, mereka juga berpendapat bahwa sangat bodoh jika kita menyangkal keberadaan konsep ini. Posisi teoritis ini berpendapat bahwa globalisasi seharusnya dipahami sebagai "seperangkat hubungan yang saling berkaitan dengan murni melalui sebuah kekuatan, yang sebagian besar tidak terjadi secara langsung". Mereka menyatakan bahwa proses ini bisa dibalik, terutama ketika hal tersebut negatif atau, setidaknya, dapat dikendalikan.
- Globalisasi produksi, di mana perusahaan berproduksi di berbagai negara, dengan sasaran agar biaya produksi menajdi lebih rendah. Hal ini dilakukan baik karena upah buruh yang rendah, tarif bea masuk yang murah, infrastruktur yang memadai ataupun karena iklim usaha dan politik yang kondusif. Dunia dalam hal ini menjadi lokasi manufaktur global.
- Globalisasi pembiayaan. Perusahaan global mempunyai akses untuk memperoleh pinjaman atau melakukan investasi (baik dalam bentuk portofolio ataupun langsung) di semua negara di dunia. Sebagai contoh, PT Telkom dalam memperbanyak satuan sambungan telepon, atau PT Jasa Marga dalam memperluas jaringan jalan tol telah memanfaatkan sistem pembiayaan dengan pola BOT (build-operate-transfer) bersama mitrausaha dari manca negara.
- Globalisasi tenaga kerja. Perusahaan global akan mampu memanfaatkan tenaga kerja dari seluruh dunia sesuai kelasnya, seperti penggunaan staf profesional diambil dari tenaga kerja yang telah memiliki pengalaman internasional atau buruh kasar yang biasa diperoleh dari negara berkembang. Dengan globalisasi maka human movement akan semakin mudah dan bebas.
- Globalisasi jaringan informasi. Masyarakat suatu negara dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari negara-negara di dunia karena kemajuan teknologi, antara lain melalui: TV,radio,media cetak dll. Dengan jaringan komunikasi yang semakin maju telah membantu meluasnya pasar ke berbagai belahan dunia untuk barang yang sama. Sebagai contoh : KFC, celana jeans levi's, atau hamburger melanda pasar dimana-mana. Akibatnya selera masyarakat dunia -baik yang berdomisili di kota ataupun di desa- menuju pada selera global.
- Globalisasi Perdagangan. Hal ini terwujud dalam bentuk penurunan dan penyeragaman tarif serta penghapusan berbagai hambatan nontarif. Dengan demikian kegiatan perdagangan dan persaingan menjadi semakin cepat, ketat, dan fair.
- Produksi global dapat ditingkatkan
- Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara
- Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri
- Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik
- Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi
- Menghambat pertumbuhan sektor industri
- Memperburuk neraca pembayaran
- Sektor keuangan semakin tidak stabil
- Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang
- Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional.
- Penyebaran prinsip multikebudayaan (multiculturalism), dan kemudahan akses suatu individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaannya.
- Berkembangnya turisme dan pariwisata.
- Semakin banyaknya imigrasi dari suatu negara ke negara lain.
- Berkembangnya mode yang berskala global, seperti pakaian, film dan lain lain.
- Bertambah banyaknya event-event berskala global, seperti Piala Dunia FIFA.
- Persaingan bebas dalam bidang ekonomi
- Meningkakan interaksi budaya antar negara melalui perkembangan media massa
- Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
- Mudah melakukan komunikasi
- Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi)
- Menumbuhkan sikap kosmopolitan dan toleran
- Memacu untuk meningkatkan kualitas diri
- Mudah memenuhi kebutuhan
- Informasi yang tidak tersaring
- Perilaku konsumtif
- Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit
- Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk
- Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara
Diposting oleh Unknown di 17.46 0 komentar